Cara Mudah Stek Tanaman Bunga Kertas Untuk Pemula

Trutempo – Bunga kertas atau sering disebut dengan bougenville merupakan salah satu tanaman hias yang banyak ditemukan dan tumbuh di lingkungan kita. Padahal fakta menunjukkan bahwa bunga cantik ini merupakan bunga yang berasal dari negara Brazil. Bunga kertas memiliki cara hidup yang unik, dimana mereka tumbuh subur dan menghasilkan bunga berwarna-warni yang melimpah pada musim kemarau dan banyak gugur pada musim penghujan.

Di akhir musim hujan akan muncul tunas baru yang siap tumbuh dan fenomena tersebut akan mendinginkan pemandangan. Istimewanya, bunga kertas bisa dibuat menjadi berbagai jenis bunga dan daun warna-warni di pohon berbunga. Caranya adalah dengan memberikan jenis bunga dan warna daun yang berbeda pada satu jenis bugenvil.

Jenis bunga ini sangat disukai oleh para pecinta Papan Bunga Makassar untuk digunakan nantinya sebagai bahan koleksi tanaman hias mereka. Salah satu alasan mengapa bunga ini sendiri dapat dengan mudah ditanam dan perawatannya cukup sederhana.

Padahal hasil lansekap yang diberikan oleh tanaman hias berbunga ini sangat segar dan indah. Selain itu, bunga bougenville juga dapat digunakan untuk menghias gaya rambut pengantin, bunga beraroma di pemandian relaksasi spa, dan bahkan upacara pemakaman di Cina dan India.

Cara stek kertas dari tanaman berbunga

Cara memperbanyak tanaman hias dari bunga kertas atau bougenville bisa dilakukan dengan cara stek batang. Nah berikut ini tips dari kami untuk membuat stek bunga kertas di rumah:

– Pilih batang tanaman hias bougenville yang sudah matang atau tampak tua.
– Potong batang tanaman secara miring dan juga agak runcing.
– Siapkan substrat tanam berupa tanah gembur yang sudah dicampur dengan pupuk kandang yang sudah Anda siapkan, lalu tuang campuran tanah tersebut ke dalam pot berukuran sedang.
– Masukkan batang bugenvil ke dalam media tanam sedalam 10 cm, agar tanaman tidak bergerak, gunakan batang bambu.
– Letakkan pot di tempat yang teduh dan kering, usahakan agar tempat tersebut aman, tidak terlalu lembab dan tidak terlalu panas.
– Tunggu sekitar 20 hari barulah tanaman bugenvil biasanya dapat menumbuhkan tunas mudanya.

Setelah kuncup bunga kertas mulai tumbuh, Anda hanya perlu melakukan perawatan rutin pada tanaman tersebut, dan Anda juga perlu berhati-hati dalam menanam tanaman hias tersebut.

Referensi: Florist Makassar