Fakta Tentang Bahan Scuba

Trutempo – Selain desainer atau pengusaha fashion, mungkin belum banyak yang mendengar yang namanya bahan scuba. Di antara jenis lainnya, kain scuba tidak terlalu populer. Namun, bahan ini sekarang semakin banyak digunakan. Scuba adalah salah satu jenis material yang unik. Saat digunakan untuk membuat produk pakaian, hasilnya akan terlihat eksklusif. Bagi Anda yang ingin terjun ke dunia fashion, bereksperimen dengan bahan scuba bisa menjadi peluang yang sangat menarik.

Scuba adalah jenis kain rajut ganda yang merupakan kombinasi polyester dan lycra atau spandex. Karena itulah, bahan ini umumnya fleksibel dan menempel di badan. Kain selam adalah benang filamen yang sangat halus yang dirajut dengan rapat untuk menghasilkan kain yang lembut dan halus. Pembuatan plunger menggunakan mesin rajut pipih yang bekerja dengan membentuk rajutan dua lapis yang saling terhubung satu sama lain. Teknik ini memastikan bahwa bahan yang dihasilkan memiliki kualitas yang baik, yang dapat meregang secara vertikal maupun horizontal secara bersamaan.

Banyak orang kesulitan membedakan jenis selam dan neoprena. Neoprene memiliki lapisan busa yang terletak di antara dua lapisan bahan polyester rajutan. Lapisan busa membuat bahan neoprena terasa hangat, dan banyak digunakan untuk membuat kostum olahraga air, termasuk menyelam.

KEUNGGULAN SCUBA

Bahan scuba pertama kali diperkenalkan pada musim semi 2012. Kemudian material ini muncul dalam pakaian yang terinspirasi dari pakaian olahraga dengan garis-garis dan warna-warna cerah. Seiring waktu, pakaian selam menjadi lebih modis dan bervariasi. Jenis bahan yang satu ini dengan cepat menjadi trend baru di dunia fashion karena memiliki sifat yang unggul yaitu sebagai berikut.

Tebal dan tidak melamun

Berbeda dengan ubin yang tipis dan transparan, scuba merupakan bahan yang cukup tebal, meskipun tergantung dari produsennya. Dengan ketebalan 1–3 cm, bahan ini tidak melamun, membuatnya banyak dipilih untuk membuat berbagai item fashion.

Menyerap keringat dengan baik

Anda tidak perlu khawatir untuk mengenakan pakaian selam, walaupun tebal, namun kain ini tidak panas saat digunakan karena dapat menyerap keringat dengan baik, oleh karena itu cocok dikenakan di negara tropis seperti Indonesia.

Sangat elastis

Tingkat elastisitas dan kelenturannya juga tinggi mencapai sekitar 40%. Di luar negeri, bahan ini sering ditemukan pada berbagai jenis pakaian, seperti dress, legging, rok, blus, dan gaun peplum. Kini di Indonesia, scuba garment mulai beredar di konveksi seragam.

Penggunaan Scuba di dunia mode

Awalnya, kain scuba lebih banyak digunakan untuk membuat pakaian olahraga, seperti celana renang, baju olahraga, dan kostum senam. Namun, seiring waktu, penggunaan bahan ini menjadi lebih luas. Berbagai jenis pakaian dirancang dengan menggunakan kain selam. Dalam dunia fashion, scuba diving biasanya digunakan untuk membuat kostum tari, legging, dan gaun malam. Karena sifatnya yang kuat dan melar, bahan ini banyak digunakan untuk membuat rok atau rok pensil yang pas dengan badan dan mengecil di bagian bawah.

Melalui kreativitas perancang busana, bahan scuba kini banyak diaplikasikan pada berbagai jenis pakaian dengan model berbeda. Bahan scuba dinilai cocok untuk berbagai bentuk tubuh, termasuk yang berukuran besar, dan dapat menutupi kekurangan pada tubuh pemakainya.

Meski sifatnya cenderung menempel di tubuh, bahan ini juga bisa digunakan untuk pakaian dengan desain longgar, seperti gaun dengan pita leher. Dengan ragam warna, corak, corak, dan lain sebagainya, Anda bisa menggunakan bahan selam untuk pakaian formal untuk pekerjaan atau pakaian santai. Gaun, kemeja, jaket, bahkan celana scuba pria akan membuat pemakainya tampil menarik. Saat ini, berbagai varian kain selam dikenal, seperti menyelam atau menyelam dan neoprena atau jembatan. Ketebalan bahannya bervariasi sehingga bisa digunakan untuk membuat variasi garmen yang sangat banyak. Bahannya mudah dipotong dan sangat kuat.

Tips perawatan Scuba

Scuba adalah jenis bahan yang hampir sempurna. Perawatannya sangat mudah, tidak seperti brokat yang membutuhkan perawatan khusus. Namun perlu berhati-hati saat mencuci, karena scuba sangat elastis sehingga mudah melar jika teknik pencuciannya kurang tepat.

Untuk mencuci pakaian scuba, Anda bisa menggunakan mesin cuci secara perlahan atau dengan tangan. Apapun metode yang Anda pilih, selalu gunakan air dingin. Bahan scuba tahan noda dan karenanya dapat dicuci dengan pakaian lain dengan warna serupa.

Keuntungan lain dari pakaian selam adalah cepat kering. Anda tidak harus meninggalkannya di bawah sinar matahari terlalu lama dan tidak meletakkannya di bawah sinar matahari langsung. Jangan lupa; gunakan gantungan untuk mengeringkan.